image_pdf

Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Universitas Negeri Malang (UM) pada Rabu, (07/02) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2024 di GKB A19 Lantai 9 . Kegiatan ini dihadiri oleh delegasi anggota per fakultas, Ketua KPRI UM beserta jajarannya, Ketua PKP-RI, Dekopinda, serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas masa bakti 2023 atas kinerjanya serta pemilihan pengurus baru tahun 2024.

Kegiatan dibuka dengan tarian Bambangan Cakil yang dibawakan oleh mahasiswa seni tari UM dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Drs. Taat Setyohadi, Ketua KPRI UM dalam sambutannya, menyampaikan bahwa pengurus KPRI UM terus berupaya memajukan koperasi dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya. “Kita akan terus meningkatkan fasilitas anggota KPRI dengan menambah jumlah pinjaman yang sebelumnya satu juta menjadi satu juta lima ratus. Selain itu, ada dana kesehatan juga dapat diambil oleh anggota sebanyak 2 kali dalam satu tahun. Kita juga mencanangkan pinjaman pendidikan tanpa bunga bagi anggota KPRI dengan syarat-syarat tertentu,” papar Drs. Taat.

Sejalan dengan sambutan Drs. Taat, Rektor UM, Prof. Hariyono juga menyampaikan upaya peningkatan kesejahteraan anggota KPRI UM melalui program dana pendidikan dari koperasi bagi mahasiswa UM. Prof. Hariyono juga menyampaikan bahwa untuk meningkatkan kesejahteraan, kesehatan anggota juga perlu diperhatikan. Dalam sambutannya, Prof. Hariyono juga membuka rapat dengan mengucapkan bismillah. “Nanti kita akan mencanangkan dana pendidikan yang diambil dari SHU dan terkait kesejahteraan anggota, salah satu aspeknya adalah kesehatan yang perlu diperhatikan. Saya harap, KPRI juga menyediakan produk-produk yang sehat bagi konsumen,” tutur Prof. Hariyono. Seusai menyampaikan sambutan, Drs. Taat menyerahkan dana bantuan pendidikan kepada Ketua Dekopinda Kota Malang, Kol. (Purn) H. Toegino Sokarno, SE.

Melangkah pada acara inti yaitu rapat penyampaian laporan yang dipimpin oleh Drs. Taat selaku Ketua I KPRI UM. Dalam rapat ini disampaikan Laporan Pengurus dan Pengawas KPRI UM Tahun Bakti 2023 yang kemudian ditanggapi oleh audiens. Dalam rapat tersebut Drs. Taat menyampaikan terkait progres UM Mart dan usaha perluasan jangkauan KPRI di luar wilayah UM.

Rapat dilanjutkan dengan pemilihan Pengawas Periode 2024-2025 secara langsung dengan 5 kandidat calon pengawas yang dapat dipilih oleh delegasi fakultas. Suara terbanyak didapatkan oleh Bapak Herunata, S.Pd., M.Pd dalam dua putaran. Bapak Herunata terpilih sebagai Pengawas KPRI Periode 2024-2025 yang akan disahkan pada rapat anggota KPRI selanjutnya.

Serangkaian kegiatan rapat ditutup dengan pembacaan keputusan RAT KPRI UM Tahun 2023 oleh Dr. Hari Suswanto ST. MT selaku ketua II KPRI UM dan foto bersama. Di akhir kegiatan terdapat pembagian doorprize kepada seluruh delegasi fakultas yang hadir.

Pewarta: Inayah Amalia Taufani – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM