image_pdf

Pusat Karir dan Direktorat Kemahasiswaan bidang Karir dan Alumni UM  (Universitas Negeri Malang) gelar serangkaian kegiatan Job Fair pada 16-17 Maret 2023. Sebanyak 1671 pengunjung dan 26 peserta Job Fair dari berbagai macam instansi regional maupun nasional turut meramaikan penyelenggaraan. 

Ketua pelaksana Job Fair UM, Dr. Rochmawati, M.Pd. menjelaskan bahwa para pengunjung sangat beragam, terdiri dari peserta didik, lembaga pendidikan, hingga masyarakat umum. 

“Pendaftar terbanyak dipenuhi oleh UM dengan total sebanyak 67.5%, lalu diikuti oleh berbagai peserta didik dari berbagai instansi lainnya seperti Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, UIN Malang, hingga beberapa universitas di Jawa Tengah juga turut meramaikan kegiatan” tutur Dr. Rochmawati. 

Beliau menambahkan bahwasannya penyelenggaraan Job Fair ini adalah salah satu solusi untuk menangani permasalahan terkait lapangan pekerjaan. Transformasi digital dan tantangan global yang semakin kompetitif menjadi alasan kita untuk bisa terus kreatif berkembang. Kolaborasi antara perguruan tinggi dan berbagai instansi lainnya dirasa perlu agar kita bisa merelevansikan dunia pekerjaan dan para lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak. 

Kegiatan Job Fair UM juga dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Malang, Arif Tri Sastyawan, S.TP, M.Si. Beliau memaparkan bahwa penyelenggaraan Job Fair ini sekaligus menjadi sebuah wahana informasi yang strategis dengan menerapkan komunikasi dua arah sebagai bentuk jawaban dari angka tuntutan pekerjaan. 

“Alhamdulillah di samping itu kita juga patut bersyukur karena badai Covid-19 juga sudah semakin membaik. Jika melihat statistik, kita jauh lebih mudah dapat menyelenggarakan berbagai bentuk acara seperti Job Fair ini” ucap Kepala Disnaker.

Kepala Disnaker juga menuturkan bahwa Kota Malang menjadi sebuah destinasi yang menarik. Banyak bidang yang dapat diaktualisasikan seperti wisata, perekonomian, hingga pendidikan. Lantas ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendatang untuk turut meramaikan kota Malang hingga menumbuhkan bisnisnya di kota ini.

“Harapan kami seluruh sektor mulai dari bisnis, pendidikan, dan perusahaan bisa senantiasa terkoneksi atau bahkan terintegrasi dengan Pemerintah Kota Malang. Dengan ini, maka tingkat perekonomian Kota Malang cukup bisa terdorong dan terus menjadi daya tarik pihak” pungkasnya.

Serangkaian Job Fair UM dilengkapi dengan berbagai kegiatan lainnya. Selain pameran bisnis dan pekerjaan, terdapat berbagai agenda menarik seperti presentasi dari berbagai perusahaan dan instansi, career coaching, hingga talkshow dari berbagai pembicara yang berasal dari beragam spesialisasi. 

Pewarta: Muhammad Daffa Pradana – Internship Humas UM

Editor: Nahdiatul Affandiah