image_pdf

Dalam rangka meningkatkan kinerja para tenaga kependidikan di awal tahun 2024, Universitas Negeri Malang (UM) bersama dengan Biro SDM Kemendikbudristek menyelenggarakan sosialisasi tentang kebijakan fungsional pada Jumat (02/02/2024) pukul 08.30 di Aula Graha Rektorat Lantai 9 UM. Acara ini dihadiri oleh dua narasumber, Winarti, S.Si dan Ni Wayan Sulastri, S. A. P., dan juga para tenaga kependidikan di UM. 

“Terima kasih atas sambutan hangatnya sejak saya berada disini. Setelah ini akan disampaikan hal-hal terkait kebijakan karir tenaga kependidikan yang ada di PTN-BH ini,” ujar Winarti.  

Winarti juga menyampaikan bahwa dengan adanya perubahan beberapa perguruan tinggi negeri yang sebelumnya PTN-BLU yang menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), maka terdapat beberapa kebijakan yang berubah juga terkait pengembangan karir, terutama dalam jabatan fungsional tenaga kependidikan. 

Sosialisasi Kebijakan Jabatan Fungsional Tendik (JFT) ini dilanjutkan dengan materi yang disampaikan juga oleh Winarti, S. Si. Materi yang disampaikan berkaitan dengan analisis pengelolaan keuangan APBN di PTN-BH, rekomendasi pengembangan karir dan juga penilaian kinerja tenaga kependidikan. Para tenaga kependidikan mengikuti sosialisasi mengenai tata cara memenuhi kelengkapan administratif untuk mengajukan kenaikan jabatan fungsional dan juga alur penilaian kinerja. Disampaikan juga bahwa untuk mengajukan kenaikan jabatan fungsional, terlebih dulu tendik harus melakukan penilaian kinerja  dengan mekanisme pengubahan predikat kinerja menjadi angka kredit dan Penetapan Angka Kredit (PAK) sebagai berikut, hasil penilaian kinerja, konversi predikat kinerja dalam bentuk angka kredit (AK), penetapan angka kredit.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dari para tenaga kependidikan mengenai materi-materi yang telah disampaikan. Dengan diadakannya sosialisasi ini, diharapkan dapat memotivasi dan meningkatkan kinerja para tenaga kependidikan UM. 

Pewarta: Silla Cahya Nisa – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM