image_pdf

Usai kepemimpinan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dilantik, Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan pelatihan mengenai sistem informasi dan keuangan. Kegiatan ini berlangsung pada hari Selasa (06/02) yang bertempat di Ruang Aula Lantai 9 Gedung A21 Pascasarjana UM. Workshop ini dihadiri oleh segenap mahasiswa yang menjadi perwakilan dari DPM, BEM, maupun UKM, juga Direktur Kemahasiswaan dan Alumni beserta jajarannya.

“Saya berharap adik-adik sekalian dalam membuat program kerja setahun ke depan ini mempertimbangkan empat unsur di dalamnya, meliputi pengembangan soft-skill atau kepemimpinan, pencapaian prestasi, pembangunan kolaborasi antar kegiatan di ormawa, serta berkontribusi dengan Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni untuk mengharumkan nama UM,” tutur Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M.

Para mahasiswa diberi beberapa materi kepelatihan, salah satunya terkait birokrasi dan administrasi ormawa UM yang disampaikan oleh Wiwid Nurachmawati, S.P. “Dalam pelaksanaannya, masing-masing Ormawa menyusun program kerja yang mana digunakan sebagai pedoman dalam berkegiatan selama satu tahun periode kepengurusan. Program kerja Ormawa disusun sebagai tolak ukur dalam pencapaian target sesuai visi, misi, dan tujuan masing-masing Ormawa. Pencapaian target kinerja masing-masing Ormawa dituangkan dalam Kontrak Kinerja Ormawa yang berisi capaian target dan keberhasilan Ormawa dalam memajukan dan mengembangkan prestasi Ormawa baik dalam kegiatan tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional,” ungkap Kepala Seksi Kesejahteraan dan Kewirausahaan UM.

“Sangat disayangkan menjadi seorang mahasiswa UM yang hanya belajar di bangku perkuliahan saja. Oleh karena itu, marilah kita memperoleh pengalaman sebanyak mungkin, entah itu terjun di organisasi, pengabdian masyarakat, maupun mengikuti penelitian untuk menghasilkan produk,” ungkap Dr. Daya Negri Wijaya, S.Pd., M.A., selaku Kepala Pusat Ekonomi, Humaniora, dan Pariwisata (PEP) pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Para mahasiswa juga dikenalkan dengan berbagai sarana dan prasarana bagi Ormawa. Tidak lupa dibekali dengan materi terkait tata cara penyusunan proposal dan laporan pertanggungjawaban, birokrasi dan tata persuratan, PPK Ormawa, Aplikasi di Bidang Kemahasiswaan (SiOrmawa, Simawa, dan Simkatmawa), Humas dan Branding, pengarahan kegiatan kemahasiswaan, dan diakhiri dengan penutupan oleh Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UM.

Pewarta : Hania Nuha Tsabita – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM