image_pdf
Pelatihan Mentoring Skills Bagi Guru Pamong Prajabatan Kemdikbudristek Angkatan I 2023 PPG SPs UM

Malang-Dalam upaya terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, Pendidikan Profesi Guru Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang (PPG SPs UM) menggelar pelatihan mentoring untuk guru pamong prajabatan Kemdikbudristek angkatan I tahun 2023. Kegiatan ini digelar di Hotel Grand Mercure Malang Mirama, Kamis, 1 Februari 2024, dengan diikuti 207 peserta dari sekolah SD, SMP, SMA/SMK se-Malang raya.

Guru pamong prajabatan memiliki peran strategis dalam mendukung pengembangan profesionalisme dan kompetensi guru. Oleh karena itu, pelatihan ini dirancang untuk memperkaya keterampilan mentor dalam memberikan bimbingan yang efektif kepada rekan-rekan sejawat guru.

Koordinator Program Studi PPG UM, Dr. Muhammad Alfan, S.Pd, M.Pd. menyapaikan, salah satu hal yang menjadi perhatian utama guru pamong adalah memahami dan mengatasi tantangan yang dihadapi oleh guru baru. Pelatihan ini memberikan wawasan mendalam mengenai dinamika lingkungan pendidikan saat ini, strategi pembelajaran terkini, dan cara efektif memberikan dukungan emosional kepada guru.

“Guru pamong diharapkan dapat merancang program pembelajaran yang lebih relevan, sehingga dapat memaksimalkan perkembangan pembelajaran yang profesional. Dengan memperoleh keterampilan mentoring yang kuat, diharapkan hasil yang ingin dicapai adalah peningkatan kualitas pembelajaran di kelas, pemahaman yang lebih baik terhadap kebutuhan siswa, serta menciptakan lingkungan belajar yang inklusif,” jelasnya.

Pelatihan ini merupakan langkah nyata dalam mendukung guru pamong agar mampu menjadi guru yang berdaya saing, memberikan dorongan positif kepada guru-guru baru yang profesional, dan secara keseluruhan, meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Pelatihan Mentoring Skills Bagi Guru Pamong Prajabatan Kemdikbudristek Angkatan I 2023

“Para mentor dalam kegiatan ini adalah para guru sebelumnya telah mengikuti diklat mentoring yang diselenggarakan oleh Ditjen GTK. Para mentor akan menularkan Best Practice kepada peserta, melalui sharing pengalaman dan saling memberikan solusi yang baik setiap permasalahan pembelajaran di kelas yang pastinya berbeda-beda setiap sekolah,” tambahnya.

Dr. Alfan juga mengharapkan adanya sebuah jaringan komunikasi dan pertemuan yang rutin untuk para guru dan mentor. Sehingga melalui forum tersebut dapat saling berbagi wawasan, dan saling memberikan pemikiran setiap permasalahan, dan membahas isu-isu dunia pendidikan.

Rangkaian kegiatan Pelatihan Mentoring Skills diawali penjelasan teknis oleh Kaprodi PPG UM Dr. Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd., selanjutnya materi PPL PPG Prajab dan integrasi Mentoring Skills oleh Dr. Zihan Novita Sukirno, M.Pd dan Linda Zulkifa Rahayu, S.Pd., Gr. Sedangkan Praktik Mentoring dibagi beberapa breakout room dan dipandu oleh para mentor dalam kegiatan ini, Rodiatul Fida, S.Pd (Praktik Mentoring Skills di PAUD dan PGSD), Linda Zulkifa Rahayu, S.Pd., Gr (Praktik Mentoring Skills di SMP/SMA),  Andarwati, S.Pd. (Praktik Mentoring Skills di SMK ), Denok Purwaningsih, S.Pd (Praktik Mentoring Skills di PJOK), Didik Sudarwanto, S.Pd. (Praktik Mentoring Skills di Seni Budaya), dan Fardika Sihiyantoro, S.Pd., Gr (Praktik Mentoring Skills di BK). Selain itu juga dilakukan sharing Besar Best Practice Guru Pamong oleh Istri Setyowati, M.Pd. dan Yuniawatika, M.Pd..

Penulis : Suhardi Humas UM