image_pdf

Penuh antusias, rektor dan wakil rektor dari 12 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jawa Timur menghadiri rapat kerja Paguyuban rektor PTN Jatim pada Selasa, (06/02/2024) yang diselenggarakan di Aula Lantai 9, Graha Rektorat, Universitas Negeri Malang (UM). Rektor dan wakil rektor dari 12 PTN yang hadir adalah Universitas Negeri Malang, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Surabaya, UPN Veteran Jawa Timur, Universitas Jember, Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Universitas Islam Negeri “Sunan Ampel” (UINSA), Universitas Islam Negeri “Maulana Malik Ibrahim” Malang, Universitas Islam Negeri “KH. Achmad Siddiq” Jember, dan Universitas Islam Negeri “Sayyid Ali Rahmatullah” Tulungagung.

Sambutan hangat disampaikan oleh tuan rumah rapat kerja Paguyuban, yakni Rektor UM yang menaruh harapan baik terhadap kelangsungan dari rapat kerja hari itu.

“Semoga dengan pertemuan ini kita dapat membahas beberapa hal. Kita sebagai perguruan tinggi negeri memiliki tanggung jawab moral untuk membangun dan mencerdaskan anak bangsa. Dalam usaha mencerdaskan anak bangsa, tentu kita ingin anak-anak kita para mahasiswa memiliki wawasan yang luas, punya cita-cita yang besar, dan jiwa yang besar,” ujar Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd.

Tidak hanya itu, Ketua Paguyuban Rektor PTN Jawa Timur, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., yang juga merupakan Rektor Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menyampaikan dorongan semangat serta ajakan kerjasama antar universitas untuk mencapai kemajuan bersama.

“Rapat kali ini untuk mempererat tali silaturahmi antara para rektor di Jawa Timur, selain itu juga sebagai forum untuk berbagi ide dan gagasan dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ada di perguruan tinggi. PTN di Jawa Timur ini memiliki peran penting untuk menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa. Pertemuan ini diharapkan mampu menjadi fasilitator untuk maju bersama bukan maju sendiri-sendiri. Saya berharap kegiatan ini mampu mensukseskan program dari Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Timur,” tutur Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes.

Rapat kerja Paguyuban ini turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. Kehadiran beliau, dalam rangka memenuhi undangan sharing session bersama para rektor yang hadir.

Dalam rapat kerja ini, disampaikan sharing session mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru yang disampaikan oleh Wakil Rektor 2 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Ir. Mas Agus Mardyanto, M.E., Ph.D. Kegiatan dilanjutkan dengan sharing session mengenai pembayaran UKT yang berkaitan dengan Permendikbud Nomor 2 Tahun 2024 yang dalam hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor 2 UM, Prof. Dr. Puji Handayati, S.E.Ak, M.M., CA, CMA. Sharing session selanjutnya membahas topik Kolaborasi Tridharma Perguruan Tinggi yang disampaikan oleh WR 1 dan WR 5 Universitas Brawijaya, yakni Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP., dan Prof. Dr. Unti Ludigdo, SE., M.Si, Ak.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB ini berakhir pukul 15.30 dengan kerjasama serta hasil diskusi yang beragam dan mendalam. Mengakhiri kegiatan, ketua Paguyuban Rektor Jawa Timur yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Rektor Indonesia memberikan penguatan bahwa Rencana kontrak kerjasama itu membutuhkan eksekusi bukan hanya rencana semata.

Pewarta: Zanadia Manik Fatimah – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM