image_pdf

Program Studi (Prodi) S1 Fisika merupakan salah satu prodi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM). Prodi yang tergabung dalam Departemen Fisika ini secara resmi didirikan pada tahun 1997 seiring dengan perubahan dari IKIP malang menjadi Universitas Negeri Malang dan merupakan salah satu prodi yang pada saat ini  memiliki akreditasi unggul. Dipimpin oleh Prof. Dr. Ahmad Taufiq, M.Si, sebagai kepala departemen fisika, prodi fisika memiliki visi “Menjadi prodi unggulan dan menjadi rujukan dalam ilmu, penelitian dan penerapan fisika.”, visi tersebut saat ini tercermin dalam prodi fisika yang memperoleh akreditasi unggul dan tentunya menjadi rujukan dalam bidang keilmuan dengan banyaknya penelitian yang sudah dihasilkan.

Pada tahun 2024 Prodi S1 Fisika UM menerima mahasiswa baru sebanyak 168 mahasiswa yang terbagi dalam 3 jalur seleksi yaitu jalur Seleksi Nasional Berbasis Perstasi (SNBP) 51 mahasiswa, Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 58 mahasiswa, dan jalur mandiri 59 mahasiswa dengan keketatan sebesar 50%. 

SNBP sendiri pada tahun 2024 akan digelar pada 08 Januari – 15 Februari untuk registrasi akun siswa, pengisian PDSS 09 Januari – Februari 2024 dan Pendaftaran SNBP 14 – 28 Februari 2024. Sedangkan Untuk SNBT dimulai pada 08 Januari – 15 Februari 2024 untuk pembuatan akun, pendaftaran UTBK – SNBT pada 21 Maret – 05 April 2024,  pelaksanaan UTBK gelombang 1 pada 30 April – 07 Mei 2024, pelaksanaan UTBK gelombang 2 pada 14- 20 Mei 2024 dan pengumuman pada tanggal 13 Juni 2024.

Untuk menunjang perkuliahan Prodi fisika UM memiliki berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh mahasiswa seperti ruang laboratorium yang berjumlah 16 ruang, ruang diskusi, ruang aula dan tentunya ruang kelas yang digunakan dalam perkuliahan, selain itu gedung yang digunakan juga memiliki akses yang ramah untuk disabilitas, ini merupakan salah satu bentuk nyata yang diberikan  UM sebagai kampus inklusi. 

Para mahasiswa prodi Fisika juga diberikan fasilitas untuk melakukan studi diluar departemen seperti dalam program International Student Mobility selain itu dalam perkuliahan juga didatangkan dosen dari universitas luar negeri yang mengampu beberapa mata kuliah sehingga dapat meningkatkan keilmuan mahasiswa fisika dan tentunya menambah pengalaman. Bahkan Prodi S1 Fisika juga gencar menawarkan beasiswa untuk mahasiswanya baik untuk mahasiswa yang menempuh studi S1 bahkan mahasiswa yang menempuh S2 juga bisa memperoleh beasiswa yang ditawarkan oleh prodi. Jadi siapkan dirimu sebaik mungkin dan bergabunglah dalam Program Studi S1 Fisika Universitas Negeri Malang.

Pewarta: Trisna Marsadi – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM