image_pdf

Bidang Kemahasiswaan Universitas Negeri Malang (UM) sukses menyelenggarakan kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Lanjut (LKMM-TL) secara luring dan bertempat di aula lantai 9 gedung Pascasarjana UM. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut yakni pada tanggal 1-3 November. LKMM-TL merupakan kegiatan latihan keterampilan manajemen mahasiswa dari masing-masing ormawa di UM. 

LKMM-TL merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yaitu Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM) dan tingkat dasarnya yang dikenal dengan LKMM-TD pada saat tahun pertama kuliah. Jika fokus tujuan LKMM-TM adalah melatih manajemen organisasi maka pada LKMM-TL berfokus pada manajemen wacana. 

Dalam kesempatan tersebut Prof. Dr. Sunaryono, S.Pd. M.Si., selaku perwakilan Kemahasiswaan UM menyampaikan sambutan penutupnya sekaligus menutup secara resmi kegiatan yang sudah berlangsung selama 3 hari.. 

“Kita sudah melewati 3 hari bersama dalam kegiatan LKMM-TL ini. Mari beri tepukan yang meriah untuk kita semua, para peserta dan pemandu yang sudah mengikuti kegiatan sampai akhir. Terima kasih para pemandu yang telah berbagi pengetahuan kepada peserta mahasiswa. Mudah-mudahan pembelajaran yang diperoleh dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadikan kita lebih baik kedepannya,” ujar Prof. Sunaryono. 

“Saya yakin untuk mengatakan bahwa Saudara sekalian di 5-10 tahun mendatang akan menjadi pemimpin. Oleh karena itu pundak masa depan bangsa ada di tangan saudara. Jadi jangan lewatkan kesempatan yang berguna ini untuk memaksimalkan potensi diri,” pungkas Prof. Sunaryono. 

Pada kegiatan penutupan turut disampaikan kesan pesan dari perwakilan mahasiswa sebagai peserta LKMM-TL. Soraya Aisyah, mahasiswi S1 Pendidikan Sastra Inggris sebagai perwakilan mengungkapkan kesannya selama mengikuti acara selama 3 hari.

“Saya berterima kasih yang banyak kepada Ibu dan Bapak pemandu yang telah memberikan kami ilmu mengenai bagaimana cara untuk memimpin dan bagaimana untuk memanajemen wacana sebaik-baiknya. Semoga dapat membantu memberi kontribusi bagi bangsa ini. Saya juga mengucapkan apresiasi kepada teman-teman semuanya yang telah bekerja sama dan berkolaborasi selama beberapa hari. Semoga ilmu yang kita dapat bisa membangun UM untuk lebih baik kedepannya baik dalam bidang prestasi maupun bidang organisasi,” ucap mahasiswi jurusan Sastra Inggris tersebut.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah – Internship Humas UM