image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan Sosialisasi dan Bimtek Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Tahun 2022 pada Selasa (20/12) di Aula Lantai 9 Graha Rektorat. Sosialisasi ini dihadiri oleh para pimpinan yaitu Wakil Dekan, Sekretaris Lembaga, dan Ketua Departemen. Dalam sosialisasi ini dihadirkan 2 narasumber sekaligus, yakni Gustianda Dwi Putra, S.E. dan Hanjar Basuki, S.Kom, MM., selaku Ketua Tim Kerja Bidang Perencanaan dan Sistem Informasi dari Biro Sumber Daya Manusia Kemendikbud Ristek.

Drs. I Wayan Dasna, M.Si, M.Ed., Ph.D selaku Sekretaris Universitas sekaligus ketua pelaksana menjelaskan tujuan diadakan sosialisasi dan Bimtek adalah untuk memberikan sosialisasi terkait Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) kepada dosen dan tendik UM.

“Sosialisasi ini dilaksanakan pada tingkat pimpinan terlebih dahulu yaitu Wakil Dekan, Sekretaris Lembaga, dan Ketua Departemen. Nantinya beliau-beliau akan mensosialisasikan kepada para dosen dan pegawai,” ungkap Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D .

Beliau melanjutkan, semua dosen maupun tendik di UM harus mempunyai sasaran kerja yang jelas. Hal tersebut meliputi kegiatan yang akan dilakukan dalam setahun ke depan, rencana, dan hasil yang didapatkan. Beliau mengumpamakan semisal dalam penulisan buku seribu, harus dicantumkan dengan jelas siapa saja yang berkontribusi dalam penulisan buku tersebut.

Hanjar Basuki, S.Kom., M.M., selaku narasumber menjelaskan tahapan dalam menyusun susunan kerja. Tahapan tersebut tertuang dalam Permenpan nomor 6 tahun 2022.

“Terdapat delapan langkah dalam menyusun susunan kinerja yaitu melihat gambaran keseluruhan organisasi sesuai Renstra Instansi dan perjanjian kinerja; penetapan klasifikasi ekspektasi hasil kerja dan perilaku kerja JPT dan pimpinan unit mandiri dalam format SKP; menyusun manual IKU untuk JPT dan pimpinan unit mandiri; menyusun strategi pencapaian hasil kerja; membagi peran pegawai berdasarkan strategi pencapaian hasil kerja; menetapkan jenis rencana hasil kerja; penetapan klasifikasi ekspektasi hasil kerja penilaian kerja; dan menyiapkan sumber daya, skema pertanggungjawaban, dan konsekuensi pencapaian kinerja,” jelas Hanjar Basuki, S.Kom, MM.

Ketua pelaksana, Drs. I Wayan Dasna, M.Si, M.Ed., Ph.D., berharap dengan adanya sosialisasi ini akan menjadikan semua dosen dapat mengisi SKP dengan baik dan teliti. Hal ini sangat penting karena pada akhir tahun akan diadakan pengukuran yang nantinya dapat mempengaruhi kenaikan pangkat pegawai dan capaian universitas. 

“Sekarang ini capaian individu menyumbang apa pada capaian universitas sangat berpengaruh besar. Jadi kalau misal menyusun 100 artikel, penyusunnya siapa saja harus jelas,” jelas Sekretaris UM.

Terakhir, beliau berpesan kepada peserta sosialisasi dan Bimtek SKP yaitu para pimpinan untuk segera mensosialisasikan kepada dosen dan tendik. Kemudian bagi dosen dan tendik diperlukan adanya workshop lebih kecil agar dapat segera pengisian SKP dengan lengkap.

Pewarta : Novita Eka Andriyana – Internship Humas UM