image_pdf

Rabu, 31 Januari 2024, Universitas Negeri Malang (UM) telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Samarinda. Kegiatan ini bertempat di Ruang Senat Graha Rektorat lantai 9. Acara ini dihadiri oleh Rektor UM beserta jajaran pimpinan lainnya, termasuk pimpinan Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) UM, Fakultas Teknik (FT) UM, Fakultas Psikologi (FPsi) UM dan Rektor UNTAG, pimpinan FEB UNTAG, FT UNTAG, FPsi UNTAG dan beberapa tenaga pendidikan seksi humas dan kerjasama UM.

Acara penandatanganan MoU ini dilakukan dengan tujuan untuk menjalin kerjasama dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sesama universitas yang ada di Indonesia. Melalui sambutannya, Dr. Marjoni Rachman, M.Si. selaku rektor UNTAG mengungkapkan bahwa kerjasama ini dilakukan untuk menghasilkan SDM yang unggul.

“Kalimantan Timur ini nanti akan menjadi provinsi yang berkembang, karena kita tahu disana sedang dibangun Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia, oleh sebab itu dibutuhkan tenaga-tenaga ahli yang mumpuni di bidangnya dan kami harus mempersiapkan SDM kami dengan cara melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia salah satunya dengan UM,” ungkap Marjoni selalu Rektor UNTAG.

Tak hanya itu, Rektor UNTAG juga ingin menambah pengetahuan dari UM yang mereka anggap lebih berpengalaman. “Disamping itu, kami juga ingin menambah pengetahuan terkait, tata kelola, pengembangan mutu, dan program-program kampus merdeka dengan UM yang lebih berpengalaman,” jelasnya.

Melalui sambutannya Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., mengungkapkan bahwa untuk menjadi Universitas yang maju tidak dapat berdiri sendiri, namun perlu kolaborasi. “Sebagai Universitas kita tidak bisa maju sendirian, jadi kita perlu berkolaborasi dengan perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Walaupun kita juga menjalin kolaborasi dengan perguruan tinggi luar negeri, namun yang di dalam negeri juga tidak boleh diabaikan,” ungkapnya.

UM dengan UNTAG melakukan kerjasama di beberapa fakultas yang ada didalam keduanya, antara lain, yaitu Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Teknik, dan Fakultas Psikologi. Kegiatan penandatanganan dimulai dari naskah MoU oleh Rektor UM dan Rektor UNTAG, lalu dilanjutkan penandatanganan naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS) oleh Dekan FEB UM, Dr. Hardi Sumarsono, S.T, M.Si dan Dekan FEB UNTAG, Dr. Imam Nazaruddin Latif. Setelah itu, dilanjutkan penandatanganan PKS oleh Dekan FT UM, Prof. Dr. Andoko, S.T, M.T dan Dekan FT UNTAG, Dr. Tukimun, S.T, M.T. Penandatanganan terakhir dilakukan oleh Dekan FPsi UM, Dr. Tutut Chusiyah, S.Psi, M.Si dan Dekan FPsi UNTAG Diana Imawati, S.Psi, M.Si.

Prosesi acara penandatanganan MoU dan PKS disaksikan oleh seluruh tamu undangan yang hadir dengan antusias dan diakhiri dengan pemberian cinderamata dari UM kepada UNTAG dan sebaliknya.

Pewarta: Rimala Maulina – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM