image_pdf

Sebagai perencanaan dan pengembangan institusi pendidikan, Universitas Negeri Malang (UM) melakukan Entry Meeting pelaksanaan pemeriksaan atas laporan keuangan tahun anggaran 2023 oleh Kantor Akuntan Publik (KAP). Kegiatan berlangsung pada hari Kamis (1/02) di Graha Rektorat UM, Ruang Sidang Rektor Lantai 8. Bekerja sama dengan KAP Kanaka Puradiredja Suhartono memberikan pengawasan kewajaran laporan keuangan UM sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku. Hal ini  bentuk komitmen UM sebagai kampus PTN- BH hal ini menjadi indikator penting dalam menjaga integritas kampus.

Berdasarkan isu audit UM 2022, memberikan gambaran bagaimana langkah untuk menyusun perencanaan laporan keuangan UM, sebagai bentuk manajemen dan kebijaksanaan dalam pengelolan. Selain dalam bentuk pengawasan, KAP juga memberikan evaluasi atas kepatuhan terhadap perundang-undangan dan pengendalian intern. KAP juga memberikan bantuan berupa penyusunan laporan fiskal. Selain itu dalam rapat juga memaparkan sistem tanggung jawab manajemen. Hal ini berupa menyediakan semua informasi secara tepat waktu, memberikan tambahan informasi yang relevan. Memberikan akses terhadap dokumen dan kegiatan operasional yang membantu auditor dalam memperoleh bukti audit. Sehingga kerja sama dalam melakukan pelaporan keuangan akan tercapai. 

Melalui mitra KAP sebagai signing partner Iskandar Dzulqarnain, SE.,AK.,CPA menyampaikan, “Pertemuan pada kesempatan kali ini, merupakan bentuk kick off meeting sebelum melakukan proses audit. Kami dari pihak KAP bertemu dengan pihak jajaran universitas untuk menyelaraskan pandangan. Namun pelaporan keuangan tahun ini dan tahun sebelumnya sedikit ada perubahan” Dari kick off meeting ini diharapkan dapat menekankan terhadap fungsi peran dalam proses audit nantinya.

Prof. Puji Handayani (kiri) memberikan penjelasan dalam forum Entry Meeting Audit Keuangan 2023 terkait dengan pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan

Hasil pengelolaan keuangan juga dipaparkan berupa pembentukan fasilitas di UM salah satunya Gedung UM Mart yang diharapkan dapat beroperasi pada tahun ajaran baru. Hal ini menjadi angin segar bagi seluruh komunitas kampus dimana fasilitas dari hasil pengelolaan keuangan dapat dimanfaatkan dengan baik. Di samping itu masih ada beberapa pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan baik secara keorganisasian maupun secara sistem finansial. Hal ini dijelaskan Prof. Dr. Puji Handayani, S.E.Ak, M.M., CA, CMA selaku wakil rektor II, ”Kami meminta kerja sama untuk tim KAP, ada tim khusus untuk mencermati hal ini”. 

Ketua Komite Audit, Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Bisri, M.S., CRA., juga menuturkan, “Dari pekerjaan rumah ini, dijelaskan dan diselesaikan  dari hasil audit dan dinilai dari sisi pengelolaan keuangan. Salah satunya masih ada perbedaan regulasi didalamnya”.

Pelaksanaan proses audit ini diharapkan berjalan sesuai dengan kick off meeting yang sudah dilaksanakan. Hasil audit  nantinya tidak hanya mencerminkan ketaatan terhadap standar keuangan, tapi juga memberikan pandangan konstruktif untuk perbaikan dan kemajuan kedepan. Komitmen bersama ini menjadi landasan bagi UM untuk terus meningkatkan tata kelola keuangan dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan institusi pendidikan.

Pawarta : Afgian Gala Mahiya Ikhsan – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM