image_pdf

Rapat koordinasi antara pihak panitia penyelenggara ASEAN University Games (AUG) 2024 dan pihak kota yang menjadi tuan rumah ajang tersebut diselenggarakan pada 22 Maret 2024 di Kota Malang. Tahun 2024 ini Indonesia menjadi tuan rumah AUG 2024 tepatnya di Jawa Timur. Dalam kesempatan ini Kota Malang dan Surabaya ditunjuk sebagai tempat diadakannya ajang AUG 2024.

UM bersama dengan delapan perguruan tinggi lain di Jawa Timur yaitu Universitas Brawijaya (UB), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Islam Malang (UNISMA), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Airlangga (UNAIR), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur dan Universitas Surabaya (UBAYA), tergabung dalam kontingen panitia pelaksana didampingi oleh Puspresnas dan Dikti.

Dr. Muarifin, M.Pd, dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UM sekaligus sebagai Sekretaris panitia “Dalam ajang ini dibentuk panitia penyelenggara yang terdiri dari Puspresnas, Dikti, dan sembilan perguruan tinggi di jawa timur. Sembilan perguruan tinggi tersebut meliputi, UM, UMM, UB, dan Unisma di malang dan Unesa, Unair, ITS, UPN jatim dan Ubaya di Surabaya.”

Dr. Muarifin, M.Pd, dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UM sekaligus sebagai sekretaris panitia AUG 2024 mengungkapkan bahwa kontingen panitia pelaksana ini diketuai oleh Rektor UNESA, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., 

“Jawa Timur ditunjuk sebagai tuan rumah dikarenakan Jawa Timur terkenal paling aktif dalam kegiatan baik di Indonesia atau di Asean.” tambah Dr. Muarifin.

Di sisi lain Dr. Maria V. Irene Herdjiono, M.Si Ketua Puspresnas menyampaikan banyak terima kasih atas sambutan yang diberikan dari pihak Kota Malang. Ia juga menyampaikan bahwa rapat ini adalah rapat kedua setelah rapat di Surabaya.

“AUG ini nantinya akan diikuti 11 Negara Asean dan sekitar 5 lima ribu peserta. Pembukaaan AUG akan diadakan di UNESA oleh presiden Republik Indonesia. Serta terdapat 21 cabang olahraga yang akan dilombakan” tambah Dr. Irene.

Dr. Irene juga memperkenalkan maskot dalam AUG ini yang bernama SUMA, diambil dari kata Surabaya dan Malang. Logo dari maskot ini adalah hasil dari sayembara yang menjadi lambang AUG 2024. Maskot tersebut dilambangkan dengan perpaduan antara gambar buaya, hiu dan singa.

Kegiatan ini disambut hangat oleh PJ Walikota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM “Kami Pemerintah Kota Malang menyambut baik acara ini, apalagi acara dibuka oleh bapak presiden, penutupan di Graha Cakrawala UM yang akan menjadi tanggung jawab kami.”

Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM menyebutkan, tahun 2024 ini terdapat beberapa ajang yang diselenggarakan di Malang, salah satunya adalah satu abad Stadion Gajayana yang menjadi stadion tertua di Indonesia bahkan Asean. “Ajang ini nantinya juga akan menjadi persiapan kami, karena ditahun depan kita akan menjadi tuan rumah ajang Porprov Jatim,” tambah Wahyu Hidayat. Dengan tegas Walikota Malang itu menyatakan kesiapannya untuk menyemarakkan AUG 2024. agar lebih banyak lagi yang mengenal Kota Malang.

Bukan hanya Kota Malang, dengan adanya ajang ini akan berdampak baik untuk semua yang ikut andil termasuk UM. Hal ini juga akan menjadi ajang untuk mengenalkan UM di kancah nasional dan Asean. Acara ini ditutup dengan penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak panitia pelaksana dengan pihak Kota Malang.

Pewarta : Tri Anggara Medhi Sampurno – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM